Kamis, 13 Maret 2014

Ranah 3 Warna dan Teman Asingku, lagi

beberapa hari liburan ini aku menjelma jadi duta indonesia mendadak, duta illegal, bahasanya. haha. aku bergabung di komunitas teman pena. temennya luar negeri semua. haha. disitu yang kerjaku kirim pesan ke orang-orang, bilang kalau indonesia itu bagus, gak cuma Bali aja. semuanya membalas, tapi sedikit yang tahu indonesia. miris. haha. ada yang curhat panjang-lebar, tapi aku senang juga. walaupun haru bolak-balik buka kamus dan ngebales, toh aku senang juga karna dia ngerti yang aku bilang. nilaiku di sekolah bohong, karna dia bilang bahasa inggrisku bisa dimengerti kok. dia ngerti apa yang aku bilang. dan itu berarti, memang bahasa inggrisku nggak seburuk yang selama ini aku pikirkan.

ada juga yang ketika aku tanya soal agama, ternyata dia gak punya agama. gila, aku salah tanya. dia cuma jawab singkat aja. malu sih, tapi itu kan namanya usaha. ada lagi orang amerika yang kutanya sistem pendidikan di amerika, dia jawab panjang lebar tapi aku nggak ngerti-ngerti amat. sekali lagi aku bingung mau balasnya. yang pastti, ada satu kesamaan. rata-rata orang amerika yang aku ajak kenal itu ramah.

oh iya, ide awal untuk cari kenalan orang bule ini sekali lagi kutemukan nggak lama setelah baca Ranah 3 warna. aku terinspirasi dan iri sama si Alif, yang udah bisa pergi sampai ke Kanada (walaupun in fact, si Alif cuma tokoh fiksi, tapi hebatnya dia bisa buat aku iri berat. kenapa? mungkin ini memang berhubungan sama pengalaman yang nulis ya.dan mungkin pak Ahmad Fuadi nulisnya beneran pake hati, sehingga tokoh Alif ini jadi kayak beneran tokoh hidup dan nyata, bukan fiksi)

akhirnya, aku tertarik lagi sama akunku yang udah berdebu di penpalworld, tapi itupun jenis akun sosial yang kurang nyaman. soalnya tiap hari yang gratisannya cuma dibatasi 3 pesan. aku pindah ke interpals. nah disinilah baru aku kenal beneran sama orang asing. seru sih, tapi akhirnya aku sadar kalau... Huft, ini semua akan selesai. dalam sekejap. aku gak mungkin bisa sering-sering buka ini pas lagi sekolah. huft

oh iya, yang terakhir, aku juga terbang ke omegle, situs dimana kita bisa chat dengan orang yang acak, nggak tahu siapa, ya random aja gitu. ada cerita menarik. aku berhasil ketemu orang yang mau nge chat setelah 15 kali nyoba. namanya? nggak tahu. yang pasti dia orang US. aku bilang sama dia kalau aku masih belajar untuk ngomong pake bahasa inggris, jadi maaf kalau bahasa inggrisku gak jelas. nah, dianya malah bilang "hey, you're english is more good than americans XD" hei.. ini mengejek atau fakta? aku nggak tahu. ntah kenapa saat itu aku langsung malu sendiri pake grammar. apa segitu formalnyakah grammar itu? ntahlah. yang pasti aku jadi malu di kayak gituin. tapi aku jadi sadar, kalau ngomong  bahasa inggris itu nggak sesulit yang ada di fikiranku. atau yanga da di benak semua orang. if you want to speak english, you just speak. gak usah banyak mikir. gak usah pake grammar. ngomong aja, kecuali lu mau kuliah di hubungan internasional, bahasa inggris non-formal itu lebih bagus buat kenalan.

jangan mempersulit yang mudah, dan jangan mempermudah yang sulit.

:)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

assalāmu `alaykum~
untuk yang udah baca, wajib koment ya,, dan yang belum baca, wajib koment juga. yang suka tulisannya, wajib koment, dan yang ga suka juga, wajib komen. hehehe. makasih ya udah baca blog saya! oh iya, komennya ada syaratnya ya, gampang kok!!

1.tidak mengandung unsur SARA ataupun Pornografi. komentar apapun yang mengandung kedua unsur itu akan langsung admin hapus.
2. kalau bisa, berilah komentar yang membangun. kritik lebih tepatnya. saya memang suka pujian, tapi saya lebih memerlukan kritik agar saya bisa membuat blog saya lebih bagus. setiap kritik anda sangat berharga bagi saya.
3.tidak ada SPAMMER disini. oke?
4.tolong jangan berikan link hidup ataupun komentar yang berbau promosi suatu produk/barang/blog kalian. boleh kasih link tulisan blog kalian tapi yang memang berhubungan dengan tulisan yang saya tulis.
5.komentarlah dengan ikhlas. kalau mau saling follow, ada baiknya dikatakan melalui social media saja. social media saya ada di paling atas sebelah kiri blog ini.
6. dimohonkan kedewasaannya untuk menaati peraturan di blog ini, oke? makasih buat waktunya :D salam #Invasi!!

Tujuanku adalah menciptakan masa depan
Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder