Kamis, 14 Maret 2013

Manfaat Komentar Bagi Sebuah Blog

apa kabar readers semuanya? sehat kan? kalo gue sih sedikit batuk.ralat. bukan sedikit.banyak. batuk gue ini udah 3 minggu ga sembuh-sembuh. dan batuk ini bikin gue merasa malu dan ga enak. sumpah. tiap bangun tidur rasa-rasanya ad yang ganjel gitu di leher. oh iya, ngomong-ngomong, kenapa jadi curhat gini? kasianilah saja gue ya, anggap aja elo orang beruntung karna gue jarang curhat sama orang :P

oh iya, pernah gak kalian dikomentarin? #PertanyaanBodoh. pasti pernah dong ya? kasihan orang yang belum pernah dikomentarin diluar sana.. uhuk...uhuk!! #BatukParah. ya, jadi maksud gue gini. komentar itu ada bermacam-macam kan? pujian,kritikan,pendapat, dan lain-lain. semua itu bagian dari pendapat kan. nah bagi blogger kayak gue ini, komentar itu..

gimana ya, biar gak lari kemana-mana ceritanya lebih baik gue ceritain dulu riwayat gue nge-blog sampe sekarang. dulu tuh ya, blog gue itu seperti rumah angker yang tidak seorangpun berani masuk ke sana. iyah. blog gue sepi banget. cuma guelah, penghuninya yang setia mengunungi dan menambah jumlah pengunjung di blog gue. gue rinduu banget sama adanya komentar. gue merana,tersiksa. tapi tak kunjung ada satupun orang yang rela untuk menyumbangkan 1 aja komentarnya. dan hal  itu terus terjadi selama 2 tahun.

tadinya gue udah putus asa banget, gue kira blig gue ini cuma nyampah doang di google. gue mulai galau, blog gue uga, mama, ayah,abang dan kakak gue ikutan galau. apa hubungannya? ntahlah. yang pasti tiba tibaa ada secercah harapan sejak ada seseorang yang mengomentari postingan gue. dan orang itu adalah..


YAK! tepat sekali. orang itu adalah kakak gue sendiri. orang yang kemudian membuat gue semangat lagi nge-blog. dia terus aja mengomentari semua postingan gue, ga peduli post-annya itu ngenes, absurd atau nyeleneh. gue ga tau kenapa, tapi sejak ada komentar dari kakak gue itu,gue ngerasa jadi semangat lagi nge-blog.dan berdasarrkan cerita gue ini, gue bisa menyimpulkan beberapa hal:

yang pertama, komentar itu salah satu faktor yang bikin gue semangat buat nulis. soalnya, gue ga akan pernah semangat nulis kalo kakak gue ga pernah ngasih komentar ke post gue waktu itu.pasti gue sampe sekarang masih cuma memperdulikan template blog gue aja kalo hal itu ga terjadi. jadi, komentar itu ENERGY.

yang kedua, komentar itu juga sarana untuk membuat blog kita menjadi lebih baik lagi. soalnya, semenjak komentar dari kakak gue itu, gue mulai rajin nulis. kalo biasanya 2 minggu gue cuma ngeluarin 1 post, setelah ada komentar gue jadi sanggup bikin 2-3 post dalam waktu 1 minggu.gue jjadi lebih banyak buat post gitu karna gue udah tau kesalahan gue dalam menullis itu dimana. jadi gue pengen memperbaiki tulisan gue itu, dan akhirnya jadilah seperti sekarang, blog gue yang aneh tapi oke :D #IyakanSaja

yang ketiga,komentar itu juga salah satu penghibur ampuh di tengah ke-galauan. misalnya elo nulis post yang menceritakan kalo lo lagi galau di post lo itu. terus,ada komentar yang bilang "sabar ya bro, semuanya pasti bakal membaik. gue juga lagi merasakan hal yang sama. SUTIMIN" nah kan lo jadi gak merasa sendiri lagi. dan lo merasa lebih terhibur, apalagi ketika melihat namanya yang seperti sengaja make huruf kapital itu, kan??

yang keempat, komentar menambah wawasan. karna ketika kita nge-post sesuatu yang bersifat ilmiah, biasanya yang berkomentar itu bakal nambahin apa yang nggak kita buat di post-an kita itu. mungkin dia juga bakal ngasih hal yang awalnya kita ga tau, setelah baca komentar dia jadi tau, iya kan? kalo kayak gitu kan sama-sama untung dan nambah wawasan.

pokoknya masih banyak lagi deh manfaat komentar. cuma gue ga bisa nulis semuanya disini. ada yang mau nambahin?


11 komentar :

  1. Pertamax diamankan :P

    ciee..ciee..abang doain deh tulisan ini jadi Best Article di BE :P

    Bener dek, komentar itu memang ENERGY buat kita, kalo gak ada komentar, follower, Traffic, rasanya kayak hidup sebatangkara di dunia blogging, hahahaha
    Semakin semangat nulis kalo banyak yg komen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaiya bang..
      gak yakin lah bang mau ikut best article, gak yakin bakal menang soalnya :3

      Hapus
    2. Ikutan Buat Postingan gini aja udah jadi pemenang dek..:3

      menang dari orang-orang yang gak ikut buat (kayak abang) =D

      Hapus
    3. wah, iya ugak -_-
      (kirain abis kata "udah jadi pemenang dek... :3" selanjutnya adalah kata-kata yang bikin terharu, ternyata....)

      Hapus
  2. Cieee dalam waktu ringkas ini banyak ngepost nieeee.. :3

    Hehee, btw kalau menurut abang pribadi, pas nggak ada komentar yang masuk, disitulah diuji keikhlasan kita.. ^^ Mungkin, biar menyadarkan kita agar nulis karena Allah.. :)

    Oh iya, selain komentar, mungkin dengan rajin2 liat statistik traffic bisa bikin si Ulfah semangat juga.. :D

    BalasHapus
  3. iyaa XD seperangkat alat pembawa semangat ituh XD

    oh iya, ulfa banyak nge-post karna libur bang :3 kalo nggak libur la nggak mungkin sebanyak ini...

    BalasHapus
  4. Waaah, blogger Medan ternyata ngumpul di sini :)
    Asik, ikut nimbrung yaaa. Hehe...

    BalasHapus
  5. Ngikut comeng dek...
    makasih udah berbagi..

    BalasHapus
  6. komentar juga selain bikin semangat ngeblog, ajang silaturrahmi juga, kayak-kayaknya cukup efektif juga tambah link masuk

    BalasHapus
  7. salam kenal
    tangankeriting.blogspot.com
    catatanmantanpelajar.blogspot.com
    moehammadsyafiq.blogspot.com

    BalasHapus

assalāmu `alaykum~
untuk yang udah baca, wajib koment ya,, dan yang belum baca, wajib koment juga. yang suka tulisannya, wajib koment, dan yang ga suka juga, wajib komen. hehehe. makasih ya udah baca blog saya! oh iya, komennya ada syaratnya ya, gampang kok!!

1.tidak mengandung unsur SARA ataupun Pornografi. komentar apapun yang mengandung kedua unsur itu akan langsung admin hapus.
2. kalau bisa, berilah komentar yang membangun. kritik lebih tepatnya. saya memang suka pujian, tapi saya lebih memerlukan kritik agar saya bisa membuat blog saya lebih bagus. setiap kritik anda sangat berharga bagi saya.
3.tidak ada SPAMMER disini. oke?
4.tolong jangan berikan link hidup ataupun komentar yang berbau promosi suatu produk/barang/blog kalian. boleh kasih link tulisan blog kalian tapi yang memang berhubungan dengan tulisan yang saya tulis.
5.komentarlah dengan ikhlas. kalau mau saling follow, ada baiknya dikatakan melalui social media saja. social media saya ada di paling atas sebelah kiri blog ini.
6. dimohonkan kedewasaannya untuk menaati peraturan di blog ini, oke? makasih buat waktunya :D salam #Invasi!!

Tujuanku adalah menciptakan masa depan
Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder