Sabtu, 09 Maret 2013

Berita Duka Hari Ini

Suasana sekolah tadi berbeda sekali. Mendadak seperti terasa sunyi. Lantas aku berpikir, dia pasti merupakan orang yang sangat di sayangi.ya, disayangi. Bukan  dihormati. Hanya orang yang benar-benar hebat yang bisa membuat sekolah hari itu jadi serasa sekolah yang tidak berpenghuni, bukan.

aku pun nggak berkonsentrasi belajar. Aku terus memikirkan hal ini. Rasanya aku nggak berpijak di tanah lagi. padahal orang itu bukan seseorang yang terlalu kukenal, bahkan aku Cuma kenal nama dan wajahnya. Tapi entah kenapa, meninggalnya orang ini, membuat atmosfer di sekitarku berubah.

Lalu aku kembali ke 9 bulan yang lalu,masa MOS. Waktu itu, aku mencoba mengenali beberapa seniorku, walaupun aku nggak terlalu tertarik sebenarnya.yang aku tahu waktu itu, anak-anak  OSIS adalah anak-anak nakal yang hanya suka keluar di jam pelajaran. Tapi belakangan aku baru mengerti, kalau anak OSIS itu adalah orang-orang hebat yang sedang belajar untuk memikul tanggung jawab.

Ya. Aku kenal ‘kakak’ itu. Aku melihat fotonya di buku tahunan kakak laki-lakiku. Kelihatannya dia cukup ramah, ya. Tapi dia kelihatannya tidak terlalu banyak terlihat di situ.lalu aku ingat ketika MOS waktu itu, kelas kakak itu adalah salah satu kelas paling aktif diantara semua kelas. Dengan kehebohannya, aku patut mengacungi jempol  untuk kakak itu

Tiba-tiba kenanganku terganti, saat aku melihat ‘kakak’ itu berada di sekolahku saat pensi waktu itu. Walau wajahnya tertutupi masker, aku telah merasa aneh saat melihatnya. Tapi waktu itu, kukira dia hanya terkena flu biasa.

Lalu kuingat lagi, hari senin yang lalu, ketika aku berada di UKS saat upacara, kudengar ada seseorang yang sedang kritis di rumah sakit. Semua mendoakannya. Sayang aku tidak mendengar lebih lanjut.aku kira hanya orang yang tidak kukenal. Aku benar-benar biasa saja waktu itu.

Hari ini, jam ke 7, ada sebuah pengumuman dari kesiswaan. Seseorang telah meninggal.tapi aku kurang mendengarkan pengumuman itu. Bukan seseorang yang kukenal, pikirku.tiba-tiba temanku mengatakan sesuatu yang membuat aku terkejut. Dia telah meninggal, kembali ke pangkuan yang maha kuasa. Ya ampun.. aku terkejut. Sehabis itu, yang kulakukan hanyalah melamun.

aku bukan temannya, bukan juga secret admirernya, tapi perasaan duka itu sangat terasa di hatiku.hari itu, aku benar-benar tak mengikuti pelajaran. Ntah kenapa.aku hanya terdiam. Shock.dan bukan aku saja, kebanyakan dari teman-temanku malah menangis setelah mendengar kabar itu.

Rasanya seperti baru kemarin aku melihat kakak itu.bahkan, hari ini masih seperti hari dimana dia hadi disini.
Benar-benar. Sekolah seperti tak berpenghuni. Guru-guru tak kuasa menahan tangis, bahkan beberapa guru membatalkan les-nya untuk melihat almarhum untuk yang terakhir kali. Hari itu, sekolah kami sangat berduka. Kami telah kehilangan 1 orang hebat.bahkan matahari pun tidak bersinar lagi hari itu.
 Setelah sampai dirumah,aku langsung mencari informasi-informasi apapun yang bisa kuketahui.Dia meninggal karna penyakit lupus dan dari yang aku baca di sebuah social media, dia juga menderita radang ginjal. penyakit yang tidak sembarangan.dia ternyata sudah beberapa minggu dirawat di rumah sakit. Lalu aku kembali menjelajah social medianya dan tiba-tiba menemukan sesuatu yang sangat mengguncang hatiku.

Beberapa bulan sebelum hari ini, dia menulis sebuah kalimat yang.. aku nggak tau gimana harus menggambarkannya. Almarhum bilang “kelak aku akan menjadi sukses, aku akan menjawab pertanyaanku sendiri” setelah itu. Aku tidak mampu lagi bergerak. aku jadi terpikir tentang diriku sendiri. Ya ampun.. bodohnya aku. Aku mencoba menunda-nunda hal baik yang ingin kulakukan. Padahal aku nggak tahu kapan aku akan mati. Bisa saja setelah aku menulis post ini, besok,minggu depan, atau detik ini juga. aku menyia-nyiakan waktuku hanya untuk melakukan hal yang tidak berguna. Kakak ini.. bahkan setelah ia meninggal, dia masih bermanfaat untuk orang lain.

Sampai sekarang, aku gak percaya memanggil kakak itu dengan sebutan ‘almarhum’. Tapi ini sudah takdir Allah, yang sama sekali nggak bisa kita percepat ataupun kita tunda. Semuanya telah tertulis disana. Kita hanya harus terus siap-siap untuk menerima panggilan dari-Nya.
Almarhum ini merupakan orang yang hebat. ya, aku percaya hal itu. Terimakasih kak, telah memberi pelajaran yang cukup berharga untukku. Semoga kakak tenang di alam sana.kakak yang dikenal oleh seorang temanku sebagai “kakak yang sering shalat dhuha”. Kakak yang udah berhasil bikin guru paling killer, nangis tersedu-sedu karna kepergiannya. Tenang aja kak, gak aka nada yang melupakan kakak. Kakak bakal selalu ada di hati kami.selamat jalan kak.

Innalillahi wa inailaihi rojiun.

2 komentar :

assalāmu `alaykum~
untuk yang udah baca, wajib koment ya,, dan yang belum baca, wajib koment juga. yang suka tulisannya, wajib koment, dan yang ga suka juga, wajib komen. hehehe. makasih ya udah baca blog saya! oh iya, komennya ada syaratnya ya, gampang kok!!

1.tidak mengandung unsur SARA ataupun Pornografi. komentar apapun yang mengandung kedua unsur itu akan langsung admin hapus.
2. kalau bisa, berilah komentar yang membangun. kritik lebih tepatnya. saya memang suka pujian, tapi saya lebih memerlukan kritik agar saya bisa membuat blog saya lebih bagus. setiap kritik anda sangat berharga bagi saya.
3.tidak ada SPAMMER disini. oke?
4.tolong jangan berikan link hidup ataupun komentar yang berbau promosi suatu produk/barang/blog kalian. boleh kasih link tulisan blog kalian tapi yang memang berhubungan dengan tulisan yang saya tulis.
5.komentarlah dengan ikhlas. kalau mau saling follow, ada baiknya dikatakan melalui social media saja. social media saya ada di paling atas sebelah kiri blog ini.
6. dimohonkan kedewasaannya untuk menaati peraturan di blog ini, oke? makasih buat waktunya :D salam #Invasi!!

Tujuanku adalah menciptakan masa depan
Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder