Minggu, 30 Juni 2013

cara mengatur uang yang menyenangkan



aku punya banyak cara untuk mengatur kehidupanku. mulai dari masalah perasaan yang dalem, sampe masalah uang yang sangat sensitif. ngomong-ngomong soal masalah uang. aku punya cara unik yang udah aku gunain dalam kehidupan sehari-hariku untuk mengatur uangku. cara unik yang membuat aku, anak umur 15 tahun seperti nggak pernah kehabisan uang jajan. dijamin cara ini cukup asyik. percaya deh.

jadi, setiap minggu ayah ngasih aku uang sebesar 100.000 untuk jajan. sebenarnya, normalnya jajanku itu 80.000. itu udah ditambah tarif angkot yang naik gara-gara BBM naik. jadi, aku punya perhitungan sederhana untuk uang-uangku ini supaya bisa hemat.

- untuk pergi kesekolah, aku nggak perlu kebingungan. ayahku selalu mengantarku setiap pagi. jadi, kalo sekarang total biaya yang harusnya aku keluarin buat naik angkot adalah 4000x7= 28000, aku bisa menghemat dua puluh delapan ribu itu karna aku nggak perlu berongkos perginya.

nah sekarang kita hitung ongkos pulang. sama, 4000 juga. berarti aku gunain 28000 buat ongkos. oke, 100.000-28.000= 72.000. aku punya 72.000 lagi.

- aku udah berprinsip untuk selalu mengeluarkan infaq/sedekah sebesar 10.000 dari setiap jajan/ mingguku, jadi, 72.000-10.000= 62.000

- untuk tabungan / minggu, aku selalu menyetor 20.000 (sebelum BBM naik sih sebenarnya 40.000) jadi 62.000-20.000= 42.000

- jajan? sebenarnya aku nggak terlalu tertarik jajan, dan aku selalu bawa bekal dan air minum kesekolah. ada 2 hari sih aku ngga bawa bekal, jumat dan sabtu. itu karna mamaku libur di hari itu. dan dia nggak masak pagi kalau libur. jadi nasi dulu harganya 5000, mungkin setelah BBM naik bakal naik juga jadi 6000. 2x 6000= 12.000. 42.000-12.000= 30.000

- uang kas kelas dan keperluan lain lain aku genapkan 15.000. jadi 30.000-15.000= 15.000

- nah, 5000 aku tabung sendiri untuk barang yang aku pengenin di masa sekarang. kalo yang 20.000 itu untuk masa depan. /minggu 5000 udah lumayan bisa beli barang-barang unyu. hehe

- dan terakhir, ini uang tak terduga. untuk apa aku nggak tahu, yang pasti 10.000 ini untuk jaga-jaga deh. manatau tiba-tiba nggak cukup.jaga-jaga itu perlu juga

hahaha. cukup sederhana. tapi uang 5000 yang tadinya uang untuk membeli sesuatu, bisa aja jadi denda jika aku nggak sesuai harapan. misalnya aku nggak belajar semalam, sekarang aku kena denda 2000, dan 2000 itu harus ditabung. untuk ini diambil dari uang keinginan. uang tak terduga nggak diganggu. dan kalau memang minggu ini cukup, uang tak terduga bakal ku tabung juga.

manfaatnya?? gede banget dong untuk kehidupanku. seperti yang kubilang diatas, aku udah jelas belajar lebih disiplin dan lebih hemat. selain itu, aku bisa mendapatkan barang yang aku inginkan dari cara ini. aku nyaman dengan pengaturan ini. oh iya, aku juga dapet ide ini sejak baca LiveOlive, yang merupakan website yang berisi tentang kiat-kiat mengatur keuangan dengan cara produktif dan menyenangkan. langsung aja terbang ke websitenya ya!!

tapi jangan liat websitenya doang, gabung juga di halaman facebooknya di MyLiveOlive atau follow twitternya di @MyliveOlive atau Follow Google+ pagenya disini. disitu kamu bisa mendapatkan informasi menarik soal management uang. mau liat videoo-video keren? subcribe aja ke channel youtubenya lve olive disini

inilah sedikit caraku untuk me-manage uangku. aku belajar untuk disiplin dari sekarang, supaya di masa depan aku bisa jadi orang yang lebih baik. hehe.

kalau kamu, gimana cara kamu untuk me-manage uangmu? 

2 komentar :

  1. Weih, keren dek...
    Kalo uang abang malah kebanyakan habis untuk jajan, beli buku dan fotocopy
    pantes dicoba semua hitungan-hitungannya ini :)

    BalasHapus
  2. waaa. itu namanya uang habis untuk ilmu bang, bagus itu XD

    BalasHapus

assalāmu `alaykum~
untuk yang udah baca, wajib koment ya,, dan yang belum baca, wajib koment juga. yang suka tulisannya, wajib koment, dan yang ga suka juga, wajib komen. hehehe. makasih ya udah baca blog saya! oh iya, komennya ada syaratnya ya, gampang kok!!

1.tidak mengandung unsur SARA ataupun Pornografi. komentar apapun yang mengandung kedua unsur itu akan langsung admin hapus.
2. kalau bisa, berilah komentar yang membangun. kritik lebih tepatnya. saya memang suka pujian, tapi saya lebih memerlukan kritik agar saya bisa membuat blog saya lebih bagus. setiap kritik anda sangat berharga bagi saya.
3.tidak ada SPAMMER disini. oke?
4.tolong jangan berikan link hidup ataupun komentar yang berbau promosi suatu produk/barang/blog kalian. boleh kasih link tulisan blog kalian tapi yang memang berhubungan dengan tulisan yang saya tulis.
5.komentarlah dengan ikhlas. kalau mau saling follow, ada baiknya dikatakan melalui social media saja. social media saya ada di paling atas sebelah kiri blog ini.
6. dimohonkan kedewasaannya untuk menaati peraturan di blog ini, oke? makasih buat waktunya :D salam #Invasi!!

Tujuanku adalah menciptakan masa depan
Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder