Senin, 17 Juni 2013

BBM jadi naik?

di TV, semuanya tentang kenaikan BBM. di jalan, gue liat banyak yang nge-demo, bakar ini itu, hancurin ini, itu. di rumah, mama sama oom gue terus bahas soal BBM, di internet semua status isinya galau karna BBM. gue bingung sendiri, buat apa sih mereka susah susah ngabisin tenaga mereka teriak-teriak sama orang yang tuli? (ini gue baca dari blognya bang riki. huhuhu!!) jadi gue mikir sendiri, daripada menolak kenaikan tarif BBM, gue lebih baik mikirin alternatif yang bisa kita gunain buat mengurangi efek kenaikan BBM sama keseharian kita. kira-kira alternatif apa aja itu?


1.menanam pohon penghasil bahan pokok
mungkin kalo gue bilang ide ini sama guru ekonomi gue, dia nggak bakalan setuju. karna bagi dia, sirkulasi uang harus terus berjalan. kita harus ngasih uang sama orang lain buat dapetin yang kita mau. jadi, lupakanlah saja sejenak guru ekonomi gue itu. mari kita pikirkan dampak keren dari menanam pohon ini

dampak pertama, kita bisa mencegah lapisan ozon berlubang, dan mencegah pemanasan global. kita juga meenjadi salah satu orang yang peduli. dan karna kita udahberbuat baik sama bumi, bumi pasti bakal bales kebaikan kita dengan kebaikan-kebaikannya dia. hebat, kan?

yang kedua, kita bisa menghemat pengeluaran kita. karna kita panen langsung dari kebun kita, gratis, ga pake bayar. kita juga bisa mendapatkan uang dari itu. penghematannya nggak dikit, loh. harga 1 ons cabe aja bisa 9000. coba kita panen sendiri? kan bakal banyak dapet untung. bukan cabe aja sih, bawang, tomat, jahe, kunyit, juga merupakan pohon yang gampang banget kita tanam. seru, kan? jadi kita ngga perlu kena dampak BBM naik. kita kan dapat gratis dari alam, hehehe

2. mencari energi alternatif lain
kita tau, persediaan minyak makin berkurang. dan untuk membuat minyak bumi itu dibutuhkan berjuta-juta tahun lamanya, dan proses kimiawi dari alam yang rumit banget. kalo kata guru kimia sih, harus ada ikatan kimia akena, akuna, butena blablabla untuk buat minyak bumi. sanggup nunggunya? karatan iya nunggu segitu lama.

tapi, kalo kita generasi yang kreatif, kita pasti bisa ngasih solusi dengan menciptakan sumber energi baru. menurut buku kimia gue,udah ada sebenarnya energi alternatif yang berasal dari alam yang mudah banget dapetinnya, namanya biodiesel. tapi biodiesel ini masih diteliti sama ilmuan. biodiesel ini ramah lingkungan, ngga bikin pencemaran. nah, kalau kita bisa menyelidiki sendiri atau bahkan buat sendiri energi biodiesel ini, bukan saja kita yang bakal diuntungkan, tapi seluruh ummat maanusia di bumi bakal untung.

dan kalau kita udah jadi penemu, otomatis kita bakal Famous. kalo famous, banyak uang. setimpal kan hasilnya? jadi mari kita sama-sama mencari energi alternatif baru!!

3.Pakai sepeda/ jalan kaki
nggak perlu setiap hari, kok. setiap hari minggu kalian begini, otomatis kalian ngga perlu sering-sering beli BBM, kan? menghemat pengeluaran, dan juga menyehatkan!! coba bayangkan, sebuah tindakan kecil dari kalian membawa pengaruh besar bagi lingkungan.

4.cari resep makanan yang nggak gunain minyak
nggak perlu pake "panggilan senang" (nama merk panci yg telah di bahasa indonesiakan ), banyak kok makanan yang bisa dimasak tanpa minyak. makanan bebas kolestrol. kan ada baiknnya dari sekarang kita menjaga kolesterol kita kan? nah makanan tanpa minyak ini banyak banget resepnya, bertanburan di internet. tapi kao yang ini belum gue realisasikan, soalnya gue belum pande masak, hehe.

5.siap-siap jadi pemerintah
buat yang sering protes, pemerintah bodoh, ini salah, itu salah, sekarang siap-siap deh gantiin pemerintah. kalo bisa ngeritik berarti bisa dong gantikan. kan udah punya kebijakan yang lebih baik kan? jangan sama kayak pemerintah yang kalian keritik. biar kalian tau aja, jadi pemerintah itu nggak gampang. yang selama ini kalian liat di TV kan orang-orang yang nggak punya kualitas, dan wartawan memang sengaja menyorot yang malas-malas, supaya bisa dijadikan berita fenomenal. walaupun itu salah, iya memang salah. tapi kita masih punya sedikit orang yang bersungguh-sungguh, yang memang mencetuskan ide ini untuk membuat beban rakyat jadi ringan. hargailah orang-orang itu walaupun sedikit.

terakhir kalian punya nggak cara lain yang bisa ngurangin dampak kenaikan BBM? share di comment box yah!

2 komentar :

  1. Wah, solusi alternatifnya keren-keren dek Ulfah, khusus point yang kedua ada Mata Kuliah abang namanya "Renewable Energi-Energi Terbarukan", ini salah satu cara kita mengurangi ketergantungan kpd bahan bakar fosil
    untuk solusi yang ketiga, emangnya dek Ulfah bisa naik sepeda ya? wkwkwk :P
    Semua solusinya bagus-bagus dek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha. mokosih yooo bang...
      kasih tau laah cara buatnya..
      bisa.naik aja kan? XXD

      Hapus

assalāmu `alaykum~
untuk yang udah baca, wajib koment ya,, dan yang belum baca, wajib koment juga. yang suka tulisannya, wajib koment, dan yang ga suka juga, wajib komen. hehehe. makasih ya udah baca blog saya! oh iya, komennya ada syaratnya ya, gampang kok!!

1.tidak mengandung unsur SARA ataupun Pornografi. komentar apapun yang mengandung kedua unsur itu akan langsung admin hapus.
2. kalau bisa, berilah komentar yang membangun. kritik lebih tepatnya. saya memang suka pujian, tapi saya lebih memerlukan kritik agar saya bisa membuat blog saya lebih bagus. setiap kritik anda sangat berharga bagi saya.
3.tidak ada SPAMMER disini. oke?
4.tolong jangan berikan link hidup ataupun komentar yang berbau promosi suatu produk/barang/blog kalian. boleh kasih link tulisan blog kalian tapi yang memang berhubungan dengan tulisan yang saya tulis.
5.komentarlah dengan ikhlas. kalau mau saling follow, ada baiknya dikatakan melalui social media saja. social media saya ada di paling atas sebelah kiri blog ini.
6. dimohonkan kedewasaannya untuk menaati peraturan di blog ini, oke? makasih buat waktunya :D salam #Invasi!!

Tujuanku adalah menciptakan masa depan
Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder