Minggu, 30 Juni 2013

Ide kecil Rumah sakit Go-green untuk Indonesia

go-green itu bisa dilakuin dimana aja. dari mulai tempat yang paling formal sampe yang informal. dari tempat yang ngebosenin sampe tempat yang paling ngebosenin. termasuk salah satunya di rumah sakit. menurut aku sih, konsep rumah sakit go green itu keren banget. dan bakal lebih keren kalau memang ada rumah sakit yang punya konsep go-green.

kan banyak hal di rumah sakit itu yangdapat di go-green kan. dan melalui tulisan ini, aku mau ngasih tau beberapa ideku untuk membuat rumah sakit hijau. mau tau? lanjut baca!

1.mendaur ulang kotak-kotak bekas obat
daripada dibuang, kenapa kotak-kotak ini nggak digunain kembali atau di daur ulang? menurutku ini lebih efektif ketimbang mencampurkan ini dengan semua sampai dan terbuang dengan sia-sia

2.mendaur ulang botol bekas obat

3.membuat 3 jenis tempat sampah
dua tempat sampah yang terbuat dari plastik untuk tempat bekas botol-botol dan sampah plastik dan yang satunya lagi tempat bahan organik basah. sedangkan yang satunya lagi tempat sampah yang terbuat dari kertas untuk membuang bahan-bahan yang terbuat dari kertas yang kering. kertas yang kering ini nantinya akan di daur ulang kembali melalui pasien. maksudnya, bagi pasien yang sudah lama berada di rumah sakit itu dan ingin mendapat hiburan, kita dapat memberikan kertas-kertas bekas itu dengan disterilkan dahulu.. jadinya, bisa menyenangkan pasien juga dapat mengurangi dampak pemanasan global, kan?

4.membuat sebuah inovasi
iya, diperlukan sebuah inovasi dari kaula muda. misalnya, untuk membuat bekas jarum suntik menjadi lebih produktif. atau membuat bekas jarum suntik menjadi tidak berbahaya saat dikubur di tanah dan dapat terurai

5. menanam pohon kecil di dekat jendela kamar pasien
 untuk kesejukan dan perasaan tenang yang diberikan ke pasien

6. setiap rumah sakit mempunyai lahan untuk ditanami sayuran
tujuannya, agar rumah sakit dapat lebih menghemat pengeluarannya. daripada harus beli makanan untuk pasien, kenapa tidak menanam sendiri saja? apalagi tanaman yang ditanam oleh pihak rumah sakit pasti bisa lebih steeril. ditambah lagi sayuran memang sangat dibutuhkan orang yang sakit.  orang sakit tidak diizinkan makan daging-dagingan, tapi sangat di anjurkan untuk makan sayur-sayuran, kan? sebagai salah satu penggemar sayur rebusan, aku sangat menganjurkan ini.hehe

sebenarnya bukan itu aja, sebuah kebun kecil di rumah sakit dapat menjadi wisata kecil menarik bagi pasien-pasien yang kebanyakan pasti sedang tertekan karna penyakitnya.nah,, ketika mereka sampai di kebun kecil ini mereka dapat merasakan sedikit kesenangan dan kebebasan dari ruangan mereka. dan mereka mendapat oksigen lebih banyak dari tumbuhan-tumbuhan yang ditanam disitu. itu berpotensi membuat mereka mendapatkan oksigen lebih banyak.bayangkan, betapa hebatnya ini?

7.pensterilan air bekas operasi.
ini masih merupakan opini dari saya. saya juga belum tahu pasti cara mewujudkannya. tapi menurut yang saya pelajari, kuman dapat terbunuh oleh suhu-suhu tertentu. jadi kenapa nggak kita coba untuk membuat air-air yang harusnya terbuang itu bisa digunakan kembali? dengan membekukannya sampai titik dimana bakteri,kuman, dan virus akan mati? setelah itu, airnya dicairkan kembali dan mungkin tidak dapat kita minum, tapi kita dapat menyiram tanaman kita dengan itu.

8.mengecat warna rumah sakit menjadi hijau
ini untuk membuat efek penenangan kepada setiap pasien. pastilah setiap rumah sakit harus mengenali prikologi dari setiap pasiennya. diharapkan melalui warna ini, dapat membuat pasien lebih rileks dan lebih cepat sembuh, karna stress juga berpotensi menyebabkan penyakit semakin parah.

9.teknologi yang dapat mensterilkan setiap orang di pintu masuk ruangan pasien
sistem pintunya seperti rumah sandy dalam spongebob squarepants. ada 2 pintu. 1 pintu berada di depan jalan masuk kamar pasien. dan ketika pintu ditutup, di lorong untuk sampai ke pintu kedua ada semacam pensteril. pensteril yang ada di pabrik-pabrik makanan. ini penting. lalu pastikan setiap orang tidak membawa barang-barang yang berpotensi untuk jadi sampah. untuk menghemat, pintu ini bisa diletakkan di dalam rumah sakit, khususnya lorong menuju kamar-kamat pasien. jadi hanya perlu 2 pintu sjaja, dan ketika menembus pintu, kita telah sampai ke kamar-kamar pasien.

10. setiap orang mempunyai pasien mempunyai akses langsung menuju kebun kecil

yah, inilah ide kecil ku yang dapat ku berikan untuk go-green hospital. harapku sih, ide ini dapat dijadikan pertimbangan oleh para pemilik rumah sakit untuk dilakukan di rumah sakitnya sendiri, dan dapat menjadikan rumah sakit lebih ramah lingkungan dan juga tempat yang menyenangkan buat pasien. terimakasih :)

keep green ya guys!!

sumber gambar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

assalāmu `alaykum~
untuk yang udah baca, wajib koment ya,, dan yang belum baca, wajib koment juga. yang suka tulisannya, wajib koment, dan yang ga suka juga, wajib komen. hehehe. makasih ya udah baca blog saya! oh iya, komennya ada syaratnya ya, gampang kok!!

1.tidak mengandung unsur SARA ataupun Pornografi. komentar apapun yang mengandung kedua unsur itu akan langsung admin hapus.
2. kalau bisa, berilah komentar yang membangun. kritik lebih tepatnya. saya memang suka pujian, tapi saya lebih memerlukan kritik agar saya bisa membuat blog saya lebih bagus. setiap kritik anda sangat berharga bagi saya.
3.tidak ada SPAMMER disini. oke?
4.tolong jangan berikan link hidup ataupun komentar yang berbau promosi suatu produk/barang/blog kalian. boleh kasih link tulisan blog kalian tapi yang memang berhubungan dengan tulisan yang saya tulis.
5.komentarlah dengan ikhlas. kalau mau saling follow, ada baiknya dikatakan melalui social media saja. social media saya ada di paling atas sebelah kiri blog ini.
6. dimohonkan kedewasaannya untuk menaati peraturan di blog ini, oke? makasih buat waktunya :D salam #Invasi!!

Tujuanku adalah menciptakan masa depan
Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder