Sabtu, 02 Februari 2013

Pantaskah Kita Mengeluh?

malam itu aku sedang berada di sebuah restoran. aku dengan keluargaku makan di restoran itu, dalam rangka refreshing.kami memesan ayam goreng dan nasi hangat. aku makan banyak sekali saat itu. selesai makan, kami memutuskan untuk pulang.kami pulang agak larut waktu itu. sudah sangat sedikit orang yang berkendara.kami sampai di dekat lampu merah. tiba-tiba aku melihat sesuatu di pinggir jalan. sesuatu yang tiba-tiba menyesakkan dadaku.

terlihat olehku, seorang anak kecil sedang bersiap untuk memasang koran-koran sebagai alas tidurnya. ya, anak itu akan tidur di pinggir jalan. aku tertegun melihat anak itu. lantas kemudian aku berpikir.sudahkah anak itu makan? dimana orang tuanya? bagaimana dia bisa makan selama ini? bagaimana caranya bertahan-setiap malam tidur di tempat seperti itu, yang gelap,dingin, dan bagaimana dengan orang-orang jahat? bagaimana anak itu sanggup menghadapi semua itu?

lalu aku berpikir kembali,bagaimana kehidupanku selama ini.aku tinggal di sebuah rumah yang cukup besar.aku punya kamar dengan tempat tidur yang nyaman,di tambah AC dan sebuah selimut tebal.aku selalu makan 3 kali sehari.aku juga diberi makanan sampingan seperti susu, keju, roti,dan semua makanan yang membantu otakku bekerja. aku, berumur 15 tahun sekarang.berapa banyak uang yang telah aku buang dalam sehari?

tiba-tiba aku jadi malu sekali. anak-anak jalanan itu.. mereka bertahan melawan kerasnya hidup ini. berjuang untuk sesuap nasi. sementara aku? aku hanya pengeluh bodoh yang 'melempem' cuma gara-gara hal sepele yang gak akan buat aku mati. aku suka mengeluh, mengeluhkan hal kecil seperti jika mama salah membelikan baju untukku, atau mengeluh karna kawanku begitu sering meminjam barang-barangku. kalau mereka lemah, aku harus dinamakan apa lagi?

ironis memang. disaat kita sedang makan enak dengan lauk hangat di meja makan, dan kita mengeluhkan sesuatu dari makanan itu.disaat itu juga, ada berjuta-juta-bahkan beratus-ratus juta orang yang mengkhayalkan untuk merasakan sesuap nasi saja saat itu.

disaat kita sedang mengeluhkan tempat tidur kita yang tidak empuk lagi, ada beratus juta orang yang sedang menyiapkan alas korannya untuk tidur di malam hari, di pinggir jalan.

disaat kita sedang mengeluhkan sikap dari seorang keluarga kita, ada beratus juta orang yang INGIN punya keluarga seperti kita.

disaat kita sedang melupakan keluarga kita, pergi dan pulang lama, lebih suka berfoya-foya menghabiskan uang bersama teman-teman kita, ada beratus juta orang di detik yang sama yang menyesal tidak menghabiskan waktu lebih lama dengan keluarganya dan sekarang mereka telah tiada. ada juga anak yang berharap bisa mendapat sedikit orang untuk mengganti bajunya yang sudah tidak layak pakai.

pantaskah kita mengeluh? pantaskah kita merasa hidup kita tak adil?

ada baiknya mulai sekarang, kita harus mulai intropeksi diri, dan sebelum kita mengeluh, ingatlah orang-orang itu.orang-orang yang tidak beruntung itu. lantas tersenyumlah. tersenyumlah dan syukuri nikmat tuhan yang ada padamu. hirup udara yang diberikan tuhan. itu merupakan kekuatan dari tuhan. kekuatan yang diberikan tuhan untuk kita semua.mari sama-sama kita gunakan kekuatan itu untuk membuat semangat positif di dalam hidup kita :D

2 komentar :

  1. so different taste from other post. nice.
    Mari buat tulisan yang mampu menggugah hati :D

    BalasHapus

assalāmu `alaykum~
untuk yang udah baca, wajib koment ya,, dan yang belum baca, wajib koment juga. yang suka tulisannya, wajib koment, dan yang ga suka juga, wajib komen. hehehe. makasih ya udah baca blog saya! oh iya, komennya ada syaratnya ya, gampang kok!!

1.tidak mengandung unsur SARA ataupun Pornografi. komentar apapun yang mengandung kedua unsur itu akan langsung admin hapus.
2. kalau bisa, berilah komentar yang membangun. kritik lebih tepatnya. saya memang suka pujian, tapi saya lebih memerlukan kritik agar saya bisa membuat blog saya lebih bagus. setiap kritik anda sangat berharga bagi saya.
3.tidak ada SPAMMER disini. oke?
4.tolong jangan berikan link hidup ataupun komentar yang berbau promosi suatu produk/barang/blog kalian. boleh kasih link tulisan blog kalian tapi yang memang berhubungan dengan tulisan yang saya tulis.
5.komentarlah dengan ikhlas. kalau mau saling follow, ada baiknya dikatakan melalui social media saja. social media saya ada di paling atas sebelah kiri blog ini.
6. dimohonkan kedewasaannya untuk menaati peraturan di blog ini, oke? makasih buat waktunya :D salam #Invasi!!

Tujuanku adalah menciptakan masa depan
Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder