Rabu, 18 Juli 2012

Terimakasih Telah Curi Budaya Kami

setelah lama vakum, akhirnya comeback yang diawali dengan project dari grup kesayangan gue, hehehe. ini nih yang gue tunggu-tunggu.. gue bakal bikin postingan ini sebaik mungkin sampe nyentuh sisi emosional anda (gaya). okeh, baca ya!

gue adalah remaja bersuku batak toba yang tinggal di medan,sumatra utara.gue gak terlalu kenal sama budaya gue sendiri sebenarnya.dan gue ga bisa bahasa suku gue. tapi, walaupun gue gak  hidup di lingkungan yang kental akan budaya batak, tapi gue cukup  kesel juga waktu liat pemberitaan di tv yang bilang kalo malaysia klaim tor-tor sebagai budaya mereka.  gimana nggak, udah jelas, kalo tarian tor-tor itu dah gak sesuai sama budaya mereka!! diliat dari kanan, kiri, atas, bawah, jungkir ballikpun, gak ada samanya.

gue sempet mencak-mencak di depan tv, ngomel, kenapa budayaku yang 1 inipun di klaim sama mereka? apa sih maunya? pokoknya gue kesel kesel kesel. tapi itu tadinya.

setelah gue minum, tarik napas dalem-dalem, tahan gue is dead.

eh bukan!!! setelah gue miinum sedikit aer putih, dan gue pikirin lebih dalem lagi, ga salah juga kalo mereka buat gitu. sebenarnya, yang salah sebenarnya adalah kita. kita yang nggak menjaga budaya kita sendiri.mungkin bagi lo pada mereka itu maling yang kerjaannya cuma klaim2 aja. tapii gue mikirnya beda. coba deh kalian pada mikir, kalo mereka itu, LEBIH NGURUSIN BUDAYA KITA daripada kita sendiri. mungkin budaya kita bakal lebih baik sama mereka. karna mereka mungkin berencana melestarikan budaya kita.daripada punah, bukannya lebih baik kalo mereka aja yang ngerawat?

maksud gue sih, bukan ngebela, tapi, ini kenyataan. anak muda jaman sekarang (termasuk gue), lebih tertarik untuk mempelajari budaya korea, yang kita kata emank lebih gaul dari budaya-budaya kita sekarang.tapi bukan berarti budaya kita itu gakbisa dijadikan gaul.malah bisa banget!
dari segi lagunya aja, gue contohin nih, kalo di suku gue sendiri ada lagu "butet". cuma dengan sedikit sentuhan aja lagu itu bisa jadi gaul.top cer lah pokoknya.jangan banyak-banyak, karna dasarnya emang lagu itu udah enak,buktinya bertahun-tahun diciptakan masih terdengar enak ditelinga. lagu yang sederhana, enak ditelinga, kurang apa lagi coba?

belum lagi tor-tor, itu seru abis, apalagi bagian sawer, cuma satukan dua tangan, hadapkan keatas kebawah sesuai irama, kalo beruntung pulang uang bejibun.masih banyak lagi deh yang keren.kalo disebutin postingan gue bakal error saking banyaknya. jadi lebih baik gak usah ditulis. lanjut, jadi gimana caranya ya supaya malaysia gak berbaik hati untuk mengadopsi budaya kita? cuma dengan beberapa cara sederhana,kita bisa menghindari kebaikan malaysia itu.
1. kita harus mempelajari budaya masing-masing dulu. karna jaman udah canggih, gak usah tanya sama gue gimana cara belajarnya. gue bakal timpuk elo, serius. nah pelajari kata-kata sederhana dari suku lo masing-masing,, gak usah maksain diri, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit :D

2.lo bisa ikut grup-grup yang bicarain kebudayaan indonesia untuk bantuan, kalo udah, lo bisa sharing ke temen deket lo, tentang budaya lo, lo tanya juga apa hal khusus di budayanya dia. lo juga bisa minta supaya dia cerita juga ke 1 temannya yang lain, dan gitu seterusnya, kalo teori gosip bener, maka dalam sekejap bakal ada banyak orang yang carita ttg budayanya.sampe situ lo udah nularin semangat cinta budaya lo ke orang banyak. tapi itu sih masih di mulut,belum di hati.

3.kalo lo sama kayak gue, lo pasti ga bakal bisa lestariin budaya lo ke orang lewat tarian.karna gue demam panggung. jadi, cara terbaik ya coba buat makanan khas budaya lo, dan lo bawa ke sekolah atau lingkungan sekitar lo.siapa tau ada bakat? lo bisa buat usaha, budaya selamat,uang dapat :D ppaling kalo lo masih bergantung sama orang tua, mama lo yang marah, dan kalo mama lo dah marah, tunjukin keahlian lo buat alibi dengan cerita ttg budaya yang terancam punah (loh ini tips apaan?)

kalo lo gak bisa masak, lo bisa mengapresiasi budaya lo dengan mengunjungi tempat tempat yang berlatar budaya di sekitar tempat lo. kalo di medaan sih, adanya  danau toba. pelajari, atau lo sekedar foto di tempat yang ada embel-embel budayanya, terus lo upload ke jejaring social.di descriptionnya, lo jelasin deh tentang tuh budaya.supaya orang tau tentang budaya itu.

kalo lo hobby phutu-phutu, lo bisa juga phutu dengan pakaian atau accesoris khas budaya lo. kaya' ulos kalo daerah gue, inget, foto se-cutenya.mana tau ada orang yang suka sama lo, terus nanya-nanya tentang budaya lo, kan nambah orang yang tau budaya lo.inget, tonjolin juga pakaiannyaa.jangan muka lo aja..

4.lo bisa ngadain event yang isinya pada waktu yang sama, semua orang di twitter atau facebook bikin status/tweet  "JANGAN CURI BUDAYA KAMI" dan cantumin foto tentang budaya lo. gammpang kan??

okeh,, segini dulu post gue. nanti gue bakal update, oh ya, bagi suatu negara di luar sana, yang punya niat untuk klaim budaya kami, HIMBAUAN UNTUK JANGAN CURI BUDAYA KAMI. kami hanya sedang berbenah, kami gak akan biarkkan budaya kami lo ambil seenaknya. makasih buat kebaikan lo yang mau nge-adopsi budaya kami. dan makasi juga udah buat semangat kami kembali! untung ada lo, kalo nggak kami gak akan pernah sadar!

daftar  warisan budaya indonesia yang diakui UNESCO: (sumber)
1. Candi Borobudur (1991)
2. Candi Prambanan (1991)
3. Taman Nasional Komodo (1991)
4. Taman Nasional Ujung Kulon (1991)
5. Situs Sangiran (1996)
6. Taman Nasional Lorentz Papua (1999)
7. Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra (2004)

8. Wayang Indonesia (2003)
9. Keris Indonesia (2005)
10. Batik Indonesia (2009)
11. Angklung Indonesia (2010)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

assalāmu `alaykum~
untuk yang udah baca, wajib koment ya,, dan yang belum baca, wajib koment juga. yang suka tulisannya, wajib koment, dan yang ga suka juga, wajib komen. hehehe. makasih ya udah baca blog saya! oh iya, komennya ada syaratnya ya, gampang kok!!

1.tidak mengandung unsur SARA ataupun Pornografi. komentar apapun yang mengandung kedua unsur itu akan langsung admin hapus.
2. kalau bisa, berilah komentar yang membangun. kritik lebih tepatnya. saya memang suka pujian, tapi saya lebih memerlukan kritik agar saya bisa membuat blog saya lebih bagus. setiap kritik anda sangat berharga bagi saya.
3.tidak ada SPAMMER disini. oke?
4.tolong jangan berikan link hidup ataupun komentar yang berbau promosi suatu produk/barang/blog kalian. boleh kasih link tulisan blog kalian tapi yang memang berhubungan dengan tulisan yang saya tulis.
5.komentarlah dengan ikhlas. kalau mau saling follow, ada baiknya dikatakan melalui social media saja. social media saya ada di paling atas sebelah kiri blog ini.
6. dimohonkan kedewasaannya untuk menaati peraturan di blog ini, oke? makasih buat waktunya :D salam #Invasi!!

Tujuanku adalah menciptakan masa depan
Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder