Senin, 09 Maret 2015

voyage en Arabie saoudite / perjalanan ke saudi arabia

aku sengaja bikin judul pake bahasa prancis. kenapa? nggak apa-apa sih. iseng aja. hehe. ini kisah ku waktu menjalani ibadah umroh kemarin. sekalian buat referensi bagi yang ancang-ancang mau ibadah umroh/haji. semoga bisa dapet gambaran tentang arab saudi itu gimana. soalnya aku sering nyari, ternyata cerita-cerita pengalaman pergi ke arab saudi gini masih minim di internet.

akhir desember lalu aku dan keluargaku pergi ke salah satu negara tersuci bagi umat islam yaitu saudi arabia. ini salah satu perjalanan paling bersejarah di hidupku. perjalanan ini dimulai pada tanggal 31 desember 2014. waktu itu aku bangun sangat pagi, jam 2 subuh. itupun aku hanya tidur selama 2 jam karena kondisi rumahku ramai hari itu.

perjalanan dengan memakai pesawat memakan waktu sekitar 10 jam, tapi karna kami transit di kuala lumpur lagi, jadi kami sampai jam 10 waktu indonesia bagian barat. sedangkan perbedaan waktu arab dan indonesia itu sekitar 4 jam-an, jadi waktu di medan jam 10 malam, di arab masih jam 6 sore. dampak di pesawat cuma satu, karna kami berangkatnya siang jadi dari berangkat sampe akhirnya nyampe di arab, aku nggak liat langit malam. kami terus melintasi langit siang selama 10 jam karna perbedaan waktu itu.

sampe di bandara, kami masih ngurusin masalah administrasi, dan juga prosedur keamanan. oh iya, pesawat kami mendarat di bandara haji internasional di jeddah. FYI,di mekkah atau madinah itu ga ada bandara. selesai melewati prosedur keamanan dan administrasi kami siap-siap untuk berangkat lagi ke madinah, tapi kali ini menggunakan bus. 

perjalanan dari jeddah menuju madinah memakan waktu sekitar 6 jam, begitu kata pemandu wisata kami.. aku gagal kepo saat tau malam hari di perjalanan itu nggak ada yang bisa diliat, hanya gelap dan bayang-bayang padang pasir. aku sempat bosan juga, sampai akhirnya aku ngeliat sebuah mesjid yang besaaar banget. lalu aku mikir "rupanya mesjid di Arab besar-besar ya. ah, wajar lah. ini kan arab bukan Indonesia" itu masih sekitar 4 jam dari total perjalanan. aku masih mandang mesjid yang perlahan menjauh sampai bus kami berhenti. aku masih belum nyambung, mungkin ini tempat pemberhentian untuk buang air kecil kali, pikirku. ternyata.... itulah mesjid Nabawi, mesjid pertama yang dibangun oleh nabi Muhammad. jelas aku tepok jidat, yaiyalah mesjid sebesar itu nggak mungkin mesjid biasa. dia berdiri kokoh banget dan waktu itu sebenarnya sudutnya pas banget buat difoto, cuma karna kelelahan perjalanan satu hari, akhirnya aku tepar di kamar abis jamak shalat maghrib dan shalat isya. waktu itu kami sampai sekitaran jam setengah sebelas waktu arab saudi.
sori. copas dari internet, ga sempet foto-foto. sibuk beribadah. yang pasti inilah sedikit gambaran akan keindahan mesjid nabawi yang aku saksikan.
esok harinya aku dibangunin pagi banget sama mama. katanya takut ga kedapetan tempat buat shalat. jam setengah 3 subuh udah disuruh mandi. untung ada air panas. 

allhamdulillah kami dapat hotel yang dekat ke mesjid, jalan lurus aja 1-2 km kira-kira udah nyampek. ternyata jam setengah empat itu udah rame banget orang yang mau ke mesjid. jalan dipenuhi orang-orang yang mau ke mesjid. penuh deh pokoknya. tapi aku nggak mempermasalahkan itu. yang agak masalah disitu adalah.... dingin banget, men!! aku udah denger dari mama kalau di madinah ini dingin, tapi aku nggak nyangka kayak di kulkas gitu. reaksi penyesuaian tubuh pertama yang kurasakan adalah bibir kering dan hidungku juga ikutan kering. hidungnya selain kering juga sakit. itu mungkin bawaan udara dingin yang kering tadi. untuk bibir kering masih bisa pake lipbalm, tapi hidung kering nggak ada solusi. cuma modal air zam-zam ajalah yang berulang kali kuoles kehidung untuk meminimalisir rasa sakitnya tapi tetep aja masih sakit.

kalau ditanya paling ramai itu dimana, pastilah aku jawab di gerbangnya. penuh. walaupun ini masih level easy kalo di game. tapi tetep aja aku terkejut liat orang segitu ramenya. setelah kuperhatikan, ternyata orang indonesia lumayan banyak juga. oh iya, mesjid nabawi memang udah terkenal sama payung-payung otomatisnya, yang otomatis kebuka pas hari panas ataupun hari hujan. itulah pertama kalinya aku ngeliat payung-payung itu. besar banget. mesjid nabawi jadi tambah keren dengan payung-payung itu. belakangan aku baru tahu kalau di mesjidil haram nggak ada payung-payung gituan. jadi, memang payung ini cuma ada disini doang.
akhirnya aku memasuki mesjid nabawi untuk pertama kalinya. arsitektur dalamnya mengingatkanku sama ornamen topi fir'aun. bukan maksudnya yang jelek-jelek ya. liat deh yang dibawah
terus liat gambar ini:


tuh liat. sekarang ngerti kan? gitu loh maksudnya.

di dalam aku liat berbagai macam suku bangsa. dari mulai kulit putih, kuning, sawo matang, coklat sampai hitam. semua ada. mereka juga cukup ramah. aku sendiri masih ngantuk-ngantuk karna pengaruh kurang tidur ditambah nggak terbiasa bangun cepet. 

di dalam mesjid itu, tersedia al-Qur'an di setiap berapa meter. Al-Qurannya banyak, jadi nggak perlu bawa al-Qur'an lagi dari rumah. sama kayak Al-qur'an, disini juga ada banyak banget galon khusus berisi air zam-zam. 
penampakan galon khusus buat air zam-zam. gile, dingin banget. kalau yang gak tahan dingin, cari galon yang bacaannya "not cold" ya. aku juga ga tahan minum yang dingin.
awalnya aku nggak ngeh. kukira air biasa. mamaku yang ngerti, karna dia allhamdulillah udah melaksanakan ibadah haji 2011 lalu. barulah aku ngerti. airnya khas rasanya, beda sama air biasa. sebelum minum, baca bismillah dulu ya. ada sih doa khusus untuk minum air zam-zam
bagus kan doanya?
shalat pertama di mesjid nabawi. suara imamnya bagus banget. aku aja sampe khidmat ngedengerinnya. merdu deh. tapi aku sedikit bingung, kok imamnya nggak mulai dengan bismillah ya? setelah beberapa hari, rupanya aku tau kalau mereka baca bismillah tapi nggak pake mikrofon. oh iya, adzan di nabawi dan di haram 2 kali, yaitu pertama jam 4, untuk ngebangunin orang-orang. yang kedua, jam 6 kurang. itu baru shalat beneran.

pagi pertama yang sejuk di madinah, aku dan keluarga masih di rumah aja. masih berkutat dengan nyamannya tempat tidur. palingan nonton TV tentang kondisi mekkah terbaru. memonitor keramaian. jadi hari pertama nggak ada yang terlalu spesial.

à suivre / bersambung / to be continued...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

assalāmu `alaykum~
untuk yang udah baca, wajib koment ya,, dan yang belum baca, wajib koment juga. yang suka tulisannya, wajib koment, dan yang ga suka juga, wajib komen. hehehe. makasih ya udah baca blog saya! oh iya, komennya ada syaratnya ya, gampang kok!!

1.tidak mengandung unsur SARA ataupun Pornografi. komentar apapun yang mengandung kedua unsur itu akan langsung admin hapus.
2. kalau bisa, berilah komentar yang membangun. kritik lebih tepatnya. saya memang suka pujian, tapi saya lebih memerlukan kritik agar saya bisa membuat blog saya lebih bagus. setiap kritik anda sangat berharga bagi saya.
3.tidak ada SPAMMER disini. oke?
4.tolong jangan berikan link hidup ataupun komentar yang berbau promosi suatu produk/barang/blog kalian. boleh kasih link tulisan blog kalian tapi yang memang berhubungan dengan tulisan yang saya tulis.
5.komentarlah dengan ikhlas. kalau mau saling follow, ada baiknya dikatakan melalui social media saja. social media saya ada di paling atas sebelah kiri blog ini.
6. dimohonkan kedewasaannya untuk menaati peraturan di blog ini, oke? makasih buat waktunya :D salam #Invasi!!

Tujuanku adalah menciptakan masa depan
Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder