Selasa, 15 November 2011

belajar dari memasak

 assalamualaikum,, ^_^
judulnya lucu ya? akupun berfikiran sama.tapi memang itulah yang aku dapatkan akhir-akhir ini.cerita yang lumayan keren tapi di sisi lain punya pelajaran yang berharga banget.

singkat cerita, mama dan ayah aku ini pergi naik haji.jadi kami tu rantangan disini. rantangannya nggak datang hari minggu jadi hari minggu aku yang masak, tau gak, sebelum ini, aku hanya pernah masak indomie dan telur mata sapi doank! mama aku gak pernah mau ngajarin aku masak, katanya kasian. yah abiz aku keliatannya lemah banget ya :D.jadi dimulailah perjuangan aku masak.

minggu pertama, aku masak gulai. aku bahkan gak tau apa-apa soal gulai-gulai sejenisnya. jadi aku nanya nenekku apa yang harus disediakan.dan bagaimana cara masaknya.eh nenek aku malahcuma ngasi tau bahan.takaran dan sejenisnya semua aku yang nentuin.jadi bingung. aku cuma pernah denger mamaku klo masak pke cabe 20.jadi aku masukin aja segitu.beruntung nenek aku masih mau bantuin.dia bantuin peras santan.terus dengan ragu-ragu aku masukin ke tempat blender.aku juga belum pernah blender, aku taruh air yang menurut aku masih dikit.hasil bumbunya? airnya kebanyakan. encer lah tu bumbu.nenek aku gak bisa marah lagi.jadi lah tu bumbu ke-enceran.lalu selesai semua dicampur, termasuk udangnya (lupa bilang, aku gulai udang).aku ngira dah selesai jadi aku main-main.rupanya kalu gulai itu harus diaduk terus ya :D aku gak tau. jadilah tu gulai pecah santannya. teruspun aku lupa masukin garam. hahaha :D bner-bner jelek bentuknya, tapinya untung rasanya masih lumayan lah..

lanjut, coba masak sambal, sambalnya hitam karna pake minyak jelantah,dan masak ikan goreng, ikan gorengnya ancur-ancuran dan ada yang hitam. dagingnya dan tulangnya ntah kayak mana, masak ikan teri beserta mpas2nya, hahhaa. nenekku hanya bisa geleng-geleng kepala melihat itu semua.itu bener-bener masakan parah :D sampe sambel yang hitam tadi pun manis rasanya karna kumasukin gula.

yah.itu semua berubah sejak minggu semalam.ketika aku mulai ingat kesalahan aku masak, aku mulai mengaduk terus gulainya kali ini. hasil yang minggu ini bagus, nggk pecah santannya, tapi keasinan karna kebanyakan garam.dan belajar dari pengalaman juga aku cari cara lain goreng ikan. dan hasilnya? ikannya bagus.semua masakan anak smp kayak aku jadi lumayan bagus!! hahaha... jadi pelajarannya tuh gini, karna dulu aku sok pande goreng, aku baru nyadar. cuma gara-gara ngeliat mama masak gak jadiin aku pande masak. itu hanya omongan belaka. latihan yang perlu. klo aku gak ada masak ikan goreng ini mana tau aku kalau sampe sekarang ternyata aku belum lulus untuk sekedar masak ikan goreng. jadi jangan langsung besar mulut dulu. sedangkan orang yang pande aja belum tentu kayak aku, pamer.apalagi aku? yang haya berbekal ngeliat mama. sekarang aku udah mulai bisa.tapi itupun belum sempurna. doain aku ya supaya aku makin bisa masak dan wawasan aku sekarang gak cuma ttg pelajaran sekolah atau yang di internet aja tapi sekarang juga ada masak :D

-ulfa-

3 komentar :

  1. Ini gimana ceritanya kok dulu bilang "aku" sekarang bilang "gue"?

    Jangan-jangan udah jarang baca puisi Khairil Anwar yaa~

    BalasHapus
  2. keduax diamankan :P

    didahuluin sama si Dani
    :)

    BalasHapus

assalāmu `alaykum~
untuk yang udah baca, wajib koment ya,, dan yang belum baca, wajib koment juga. yang suka tulisannya, wajib koment, dan yang ga suka juga, wajib komen. hehehe. makasih ya udah baca blog saya! oh iya, komennya ada syaratnya ya, gampang kok!!

1.tidak mengandung unsur SARA ataupun Pornografi. komentar apapun yang mengandung kedua unsur itu akan langsung admin hapus.
2. kalau bisa, berilah komentar yang membangun. kritik lebih tepatnya. saya memang suka pujian, tapi saya lebih memerlukan kritik agar saya bisa membuat blog saya lebih bagus. setiap kritik anda sangat berharga bagi saya.
3.tidak ada SPAMMER disini. oke?
4.tolong jangan berikan link hidup ataupun komentar yang berbau promosi suatu produk/barang/blog kalian. boleh kasih link tulisan blog kalian tapi yang memang berhubungan dengan tulisan yang saya tulis.
5.komentarlah dengan ikhlas. kalau mau saling follow, ada baiknya dikatakan melalui social media saja. social media saya ada di paling atas sebelah kiri blog ini.
6. dimohonkan kedewasaannya untuk menaati peraturan di blog ini, oke? makasih buat waktunya :D salam #Invasi!!

Tujuanku adalah menciptakan masa depan
Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder